1.26.2013

Al-Fatihah: Selayaknya Jalan Pulang ke Rumah (2)

Lanjuuuut yuuuuk...

Ayat #3: Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Ayat #4: Yang menguasai hari pembalasan.
Percaya kepada hari kiamat adalah salah satu bagian dari aqidah islam, yang mana mengingatkan kita agar ga usah deh terkekang sama kehidupan dunia. Nanti di hari kiamat, kita akan mendapat balasan atas amalan-amalan kita, yang baik dan yang buruk.

Dan barangsiapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh. Dan hanya kepada Allah-lah kesudahan segala urusan. Dan barangsiapa kafir maka kekafirannya itu janganlah menyedihkanmu. Hanya kepada Kami-lah mereka kembali, lalu Kami beritakan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati. Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar, kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam siksa yang keras. Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?" Tentu mereka akan menjawab: "Allah." Katakanlah : "Segala puji bagi Allah"; tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. (QS. Luqman: 22-25)

Ini adalah persimpangan jalan yang akan membedakan antara keinginan dan kebebasan. Keinginan terhadap dunia dan kebebasan atau keleluasaan terhadap dunia, karena dia selalu hanya mengharap balasan yang baik di akhirat nanti.
Jadi nii, dengan kita yakin akan hari akhir itu, sebenernya ngebikin kita istiqomah (kontinyu) dalam memperbaiki keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah. Tidak akan sama orang yang meyakini hari akhir dengan yang tidak meyakini. Tidak akan bertemu di bumi dalam hal amalan dan tidak akan bertemu di akhirat dalam hal pembalasan. 

Ayat #5: Hanya kepada Engkau-lah kami menyembah dan hanya kepada Engkau-lah kami memohon pertolongan. 
Ini adalah persimpangan jalan antara kemerdekaan dari kehidupan dunia dan perbudakan dunia. Artinya, kita diajarkan untuk hanya tunduk, menyembah, memohon pertolongan kepada Allah SWT semata, karena hanya Allah yang memiliki segala kekuatan. So, kita merdeka dari segala kekuatan manusia karena kita hanya bergantung kepada kekuatan Allah. 

Kekuatan manusia itu ada 2 jenis : Kekuatan yang benar (yang memelihara manhaj/aturan yang sesuai dengan yang disampaikan Allah di dalam kitab suci Al-Qur'an) dan kekuatan yang sesat (yang tidak menyembah Allah). So, jangan pernah melihat kekuatan sesat itu sebagai kekuatan yang besar. :)
Nah, buat yang pertama harus kita dukung lhoh, kalo yang kedua mah ke laut ajaaa...  Jadi ketika kita udah tergantung sama Allah, kita mendukung orang-orang yang memelihara manhaj Allah, maka alam pun akan mendukung juga dan kita bisa hidup dengan alam dengan peacefully and happily ever after~

Gitu kan enaaaaak, kalo kita hanya bergantung kepada Allah karena semua sudah diatur dengan sebaik-baiknya oleh Allah :)


*(masih) mantengin http://www.radiokrph.com/*
*semoga (masih) bisa bersambuuuung*

Al-Fatihah: Selayaknya Jalan Pulang ke Rumah (1)

Al-Fatihah, 7 ayat cinta yang menjadi pembuka Al-Qur'an, yang wajib dibaca ketika sholat (jadi sehari pasti baca 17 kali yaak). 
Surat ini dimulai dengan bismillahirrohmaanirrohiim- Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Artinya, setiap memulai apapun, kita harus memulai dengan menyebut asma-Nya, mengingati-Nya. Sifat Ar-rahman (Allah SWT bersifat welas asih, melimpahkan karunia-Nya kepada semua makhluk-Nya) dan Ar-rahim (Allah SWT bersifat penyayang, selalu melimpahkan rahmat-Nya yang taat dan bertaqwa) hanya dimiliki oleh Allah. Nah, jadi karena kita itu cuma makhluk, emank udah seharusnya kaaan memperbarui keyakinan kita kepada Allah, dengan mengucap tasmiyah ituuu. Karena di dalamnya ada pelajaran tentang tauhid, karena hanya Allah yang pantas disembah, hanya Allah yang melimpahkan rahmat, hanya Allah yang awal dan yang akhir. :)


Ayat #2: Alhamdulillahirobbil 'aalaamiin. -Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. 
Memuji Allah SWT artinya menyanjung seluruh perbuatan-Nya. Kita menghadapkan segala pujian hanya kepada Allah, karena Allah adalah sumber dari segala kebaikan yang patut dipuji. Jadiii, kita memuji Allah dilakukan saat kita bersyukur. Jangan cuma di mulut, tapi juga di hati. Karena Allah SWT, Tuhan semesta alam adalah Dzat yang ditaati, yang memiliki, yang mendidik, mengatur, dan memelihara makhluk-Nya. 
Menurut Sayyid Quthb, dengan membaca hamdalah itu menggambarkan perasaan seorang mukmin. Yang mana, berjalannya, duduknya, berdirinya, adalah tanda ketundukan kepada Rabb-nya. Ketuhanan (rubbubiyah) yang mutlak itu merupakan persimpangan jalan antara kita (yang jelas bertauhid) dengan kegelapan (yang tidak ada kejelasan atas ketauhidan ini).
Keadaan orang musyrik di Al-Qur'an niii...

Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat- dekatnya." Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar (QS. Az-zumar: 3)

 Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (QS. At-Taubah: 31)

Nah lhoh, selalu inget ga sama Allah dalam keadaan apapun?
Seseorang belum dikatakan mantap terhadap dunianya (tentram dan bahagia), apabila dia belum mantap dengan aqidahnya terhadap Allah dan sifat-sifat-Nya (rubbubiyah).
Tauhid yang sempurna, yang bersih, dan tidak terkotori oleh mitos-mitos atau hal apapun adalah jalan yang akan membawa manusia kepada jalan yang terang tanpa ditutupi tabir kegelapan sedikitpun, akan membawa kelapangan di hati. :)

*ditulis sambil mantengin http://www.radiokrph.com/*
*semoga bisa bersambuuuuung*

1.25.2013

Morning Activity

“Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah). Dan barang siapa mengambil Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang”. (Al-Maidah:55-56)
Harusnya dengan membaca ayat-ayat cinta yang Allah sampaikan melalui rasul-Nya bisa ngebikin hati kita adem, bisa ngebikin kita selalu ON Fire, bisa ngebikin galau kita ilang dan terus MOVE ON!, bisa ngebikin segala yang suram jadi terang, bisa ngebikin kepanikan jadi ketenangan, bisa ngebikin semangat kita tetep 100 % walau apapun masalahnya.
Yaaaaak, emank bener banget dan harus gitu banget!
Oya aku udah berkomitmen (cieeh, komitmeeen) untuk kontinyu nulis, tentang apapun, dan satu hal yang harus rajin aku tulis adalah perkembangan penelitianku. 
This is it! Pagi ini, aku udah ke kampus pagi-pagi buta. Motor yang parkir pertama di salah satu bagian tempat parkir fakultas. Harusnya pagi ini aktivitasku adalah : ngambil medium di shaker -> inokulasi ke medium pati minimum. Selesai dan aku bisa pulang dengan bahagia, adil, dan sejahtera. #eh Hahaha. 
Eee tapiii, ternyata shakernya mati cobaaa kemariiin, padahal (asal tau aja ya) shaker itu tu yang ngegojog medium sehingga para bakteri kesayanganku itu bisa bernafas dengan legaaaaa. Nah, kalo mati gimana cobaaaaaa? Jadilah ini aku nge-ga-jelas aja di sosek (eh jelas dink!). Aku harus ada progress untuk novel dan seminarku tercinta sampai waktunya ngambil para bakteri kesayanganku (harus gini nulisnya) tiba.
 
Yang jelas, semua ini udah diatur dengan sangat sempurna oleh Rabb yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, jadi IT'S GONNA BE OKAY!!! :)

1.24.2013

Entahlah

Entah tentang apapun, entah tentang siapapun, entah tentang bagaimanapun cerita hari ini, berasa pingin nangis ya Allah... :3

Sleeping Child

Sleeping Child- MLTR

The Milky Way upon the heavens
 is twinkling just for you 
and Mr. Moon he came by 
to say goodnight to you
 
I'll sing for you I'll sing for mother 
We're praying for the world 
and for the people everywhere 
gonna show them all we care
 
Chorus:Oh my sleeping child t
he world's so wild 
but you've build your own paradise 

That's one reason why I'll cover you sleeping child
 
If all the people around the world
 they had a mind like yours
 we'd have no fighting and no wars 
there would be lasting peace on Earth

If all the kings and all the leaders
could see you here this way 
they would hold the Earth in their arms 
they would learn to watch you play

Chorus:Oh my sleeping child the world's so wild 
but you've build your own paradise
That's one reason why 
I'll cover you sleeping child
 
I'm gonna cover my sleeping child 
Keep you away from the world so wild

*aaaah, bener bangeeeet!!! 

It's Gonna Be OKAY!

You can be superman, spiderman, robin and batmen
You can do anything you wanna do and say “ I’m the man!”
Wherever you feeling down, useless you know what to do
Believe in yourself, and say
It’s gonna be okay

You can still live your day
You’ll be someone someday

1.23.2013

Postingan yang #apadeh

Hah, iya, aku harus rajin nulis. Itu kata mba sohib di sampingku yang lagi asik ngurusin jamur-jamurnya. Berasa udah lamaaaa gitu, kita berkecimpung dalam dunia 'fana' ini, penuh fatamorgana, dan ABSURD (*haha, ini lebay banget). Mungkin bisa langsung dilempar erlenmeyer ini kalo dosen-dosenku tercinta ngebaca. Gimana ga absurd, kalo yang diteliti aja kaga keliatan langsung gitu. Ohya, jadi ada ide nii, untuk menuliskan setiap perkembangan penelitianku disini. Yah, sejujurnya siih, aku itu orangnya bosenan banget kalo mngerjakan satu pekerjaan yang luaaamaaa belibeeet dan rumiii, intinya *banyak resikonya*. Makanya, sok-sokan aja nyari tempat pelarian.

Salah satunya adalah Kandang Macan, tempat di sebelah selatan *kayaknya* alun-alun utara Yogyakarta ini sudah beberapa kali aku sambangi semenjak bergabung dengan Lembaga Pengkajian Sosial Humana. Kalo lagi rajin, seminggu bisa 2 kali kesana, senin sore sama rabu sore. Senin sore biasanya belajar 'pelajaran sekolah' (belajar beneran) dan rabu sore biasanya belajar 'pelajaran kehidupan' (main-main doank!). Itulah, menyenangkan sekali berada disana, bertemu anak-anak kecil yang sederhana, sangat sederhana malah. Bertemu senyum-senyum lugas dan tanpa tendensi *tsaaaah. Oke, apapun yang terjadi, tempat itu ga boleh cuma jadi tempat pelarianku doank dari penelitian, tapi bener-bener jadi tempatku untuk mengabdi *angin datang* *daun-daun berguguran*

Salah duanya adalah TK Kibar Banguntapan Bantul. Baru-baru aja, entah ada angin apa di lab, si Icha (temen satu angkatanku yang cukup *sangar* haha ^,^) bilang kalo ada lowongan guru TK. Dianya dikasih tau temen SMA-nya. Dan jadilah aku sms Bu Er, kepala sekolah TK itu. Bla bla bla akhirnya aku pun ikut seleksi tahap 1 -wawancara dan tes tulis-. Bla bla bla akhirnya minggu depannya aku di-sms suruh dateng buat ikut seleksi tahap 2 -microteaching- ngajar gitu deeh di TPA. Naaaah, sekarang lagi nunggu nii pengumumannya. nothing to loose banget deh sama yang satu ini. Apapun hasilnya, itu pasti yang terbaik. :)

Yang jelas, aku harus tetep lulus segeraaaaa! XD


1.21.2013

Jangat Dilihat, Nanti Jatuh Hati!

 

Anak-anak itu ajaib banget deeh. Entah apa penyebabnya, entah siapa namanya, entah dari mana asalnya, entah kelas berapa sekolahnya, entah itu gigi mereka ompong kenapa, entah itu peci dapetnya dari mana, entah mereka itu sohiban dari kapan tahun, entah bapak-ibunya kerjanya apa, pokoknya melihat senyuman mereka ituuu bikin hati ini melting banget, ampe luber-luber deeeh.
Senyumannya itu lhoh, *wow* banget!
Giginya yang ompong itu lhoh, terkesan banget kalo mereka itu suka bikin ketawa orang (haha, ga ada hubungannya).
Kaos-kaos lusuhnya itu lhoh, aaah keliatan deh mereka itu suka banget yang namanya *petualangan*. 

Jadi, begini ceritanya, kenapa aku suka banget sama bocah-bocah ini. Ga tau ada angin apa, tiba-tiba aja aku menemukan sebuah blog yang memuat foto ini. 
Once upon a time, ada sebuah jama'ah sholat. Nah, mereka ini jadi makmumnya. Dimulai dengan takbiratul ikrom sang imam sampai tengah-tengah al-fatihah, sholat berjalan lancar. Tiba di ayat terakhir, wa laadhoooliiin...
Eh ni ya, salah satu dari mereka ada yang teriak, "SEMUA BILANG APAAAAA?"

Aduuuuh, anak kecil tuuu yaaaa... Sejak membaca blog itulah aku jatuh hati sama gigi ompong dan senyuman termanis tanda kesyukuran tingkat tinggi itu. :)

Kapan Kita Reunian (?)


Akhirnyaaaaaa, sampai juga pada masa dimana ada salah satu di antara kita yang ada imbuhan S. P. di belakang namanya. Akhirnyaaaa, sampai juga pada masa di saat aku, kamu, dan kita bisa menunggu dengan sama deg-deg-an-nya, salah satu di antara kita lagi deg-deg-an pendadaran. Akhirnyaaaaa, sampai juga saat dimana aku bisa memeluk salah satu di antara kalian (cewek doank lhoh) yang masih berpeluh air mata sambil bilang "Selamaaaaat~". Akhirnyaaaaa, sampai juga pada waktu dimana ada salah satu di antara kita yang kebahagiaannya membuncah dan kita pun ikut bahagia karenanya...

Ah, suatu saat nanti, aku akan sangat sangat sangat merindukan kalian. Entah kapanpun itu, ketika kita harus menjalani kehidupan dan profesi masing-masing, ketika kita udah gendong anak-anak maisng-masing, ketika kita telah menjadi apa yang kita cita-citakan hari ini, ketika kita menyimpan setoples cerita-cerita perjalanan kita, aku mau reuniaaaaan. Aku mau reuniaaaaaaan. *penelitian belum beres juga udah mikirin reunian* *haha, gapapa*

Seru juga kali yaaa, kalo bisa menemani setiap momen spesial yang kalian lewati, kayak pendadaran, tes kerja, nikahan, hamil, lahiran anak pertama, lahiran anak kedua, nyekolahin anak, nikahin anak, anak kita ngelahirin anak (*punya cucu donk, haha). Yah baiklah, pokoknya i love you full my little happy family ever! :*