9.28.2015

Namanya Topin

Dia adalah anak pertama di Kepayang yang membuatku menangis. Anak empat belas tahun, yang belum pernah mencicipi bagaimana rasanya menjadi “anak sekolah”. Saat itu, hari ketiga mengaji bersama anak-anak. Ada seorang anak yang paling tinggi dari semua anak. Ah paling anak SMP nih, pikirku.
Aku heran, mengapa dia begitu grogi ketika mau membaca iqro di depanku. Suaranya seperti terisak dan sedikit tersengal-sengal nafasnya. Aku seketika berpikir mungkin ini semacam sakit atau kebiasaan. Aku melihat matanya yang bening, sudah berair dan merah. Sepertinya dia menangis.
Delvin, yang menemaninya datang tadi pun berkata, “Bu, kasian bu, sayang banget Topin ini dak sekolah...”
Aku saat itu hanya berfikir bahwa anak ini pasti putus sekolah seperti banyak anak di Kepayang yang berhenti sekolah karena banyak sekali alasan.
Ternyata tidak. Dia bahkan belum pernah merasakan sekolah. Sebuah tempat yang begitu dicintai sekaligus dihindari oleh anak-anak. Dicintai karena disana mereka mendapat banyak sekali kebahagian, petualangan, teman-teman yang seru dan penuh cerita, dan juga (tentu saja) ilmu yang bermanfaat. Dihindari karena tabiat anak-anak yang lebih suka bebas dibandingkan harus menjalani hari-hari dengan berbagai aturan. Topin, anak empat belas tahun itu berarti belum pernah merasakan itu semua?

Fakta itulah yang membuatku menangis di sujud sholat isya’ku. Di zaman yang serba sudah maju ini, masih ada anak yang belum pernah mencicipi bangku sekolah... Dan yang lebih membuat sedih lagi adalah kenyataan bahwa ia harus bekerja, ketika teman-temannya seumuran asyik belajar di sekolah dan bermain. Anak sekecil itu. Hidup memang sesulit itu, tapi selalu ada jalan untuk membuatnya mudah... 

Bangun Tidur Rasa Rumah

Bukankah kenangan adalah sesuatu yang sangat kita ingat?

Tesimpan rapi di memori?

Dan, bukankah apa-apa saja yang paling kita ingat adalah apa-apa saja yang paling kita rasakan?
Itulah gambaran perasaan. Di masa lalu kita merasakan suatu hal saat suasana tertentu. Maka, di masa depan kita dapat dengan mudah merasakannya lagi ketika hadir suasana yang sama seperti di masa lalu kita itu. Aku pun demikian...
Berbagai bentuk perasaan pasti pernah kita alami pada sesuatu yang kita sebut rumah. Senang, sedih, bahagia, marah, terpuruk, bangkit... Semuanya ada. Salah satunya adalah perasaan nyaman ketika bangun tidur. Entah bagaimana, perasaan nyaman yang sama bisa hadir bahkan ketika kita berada jauuuuh sekali dari rumah. Perasaan seperti di rumah. Feeling like home.
Akhirnya aku merasakannya disini, di rumah kayu tempat orang-orang baik hati tinggal—merekalah keluarga baruku. Ada umak, abak, Dea, Ayuk Mila, Yadi, Ari, dan Kak Dede yang lebih banyak di tempat kerjanya. Awalnya aku sedikit khawatir, apakah keluarga ini dapat menerimaku sebagai orang baru di rumah ini. Aku sedikit kikuk, tidak berani makan jika belum disuruh. Oh, ya, abak adalah seorang kepala dusun III di Kepayang. Hei, senyuman abak selalu bisa menghangatkan suasana, pun suara tertawa ibu. Aku sudah mulai terbiasa sekarang.
Hari-hari berlalu, aku sudah merasa tinggal di rumah sendiri sekarang. Keluarga ini berisi orang-orang yang begitu tulus, meskipun tidak dikatakan. Namun, aku tau. Kami biasanya tidur bersama di depan televisi yang hanya menyala ketika listrik genset hidup di malam hari. Berbagi kasur, bantal, guling, hingga selimut. Aku, Ayuk Mila, dan Dea. Kadang juga bersama ibu. Ahh, apalagi waktu mati lampu kemarin. Ada perasaan yang lebih hidup disana. Pun perasaan yang sama hadir ketika bangun tidur seperti ketika di rumah. Sulit menuliskannya lewat kata-kata. Yang jelas aku bersyukur, meskipun rumah selalu memiliki tempat spesial yang tak bisa tergantikan oleh apapun di dalam hati.
Terimakasih keluarga baik hati. Suatu saat ketika aku pulang ke rumah, aku akan menceritakan semuanya. Aku akan menceritakan kisah perjuangan abak melawan penyakitnya dan bagaimana abak mengajakku makan atau sekadar tersenyum ketika melihat kami berangkat ke sekolah, juga bagaimana abak begitu bersemangat mengendarai motor untuk pertama kali semenjak sakit—bagian ini selalu membuatku ingat kepada bapak di rumah.
Aku juga akan menceritakan tentang umak yang suara tawanya begitu renyah, juga tentang masakan-masakan umak yang enaaaak dan tak bisa jauh-jauh dari ikan atau sambal embem yang menandingi sambal bawang kesukaanku, serta keperkasaan umak mengerjakan banyaaak sekali pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh laki-laki.
Tak lupa, aku juga akan menceritakan tentang ayuk Mila, yang sudah seperti mbak sendiri. Aku akan menceritkan betapa bersyukurnya aku dipertemukan dengan ayuk Mila di rumah ini, juga tentang waktu-waktuku di rumah yang banyak aku habiskan untuk bercerita panjang lebar dengan ayuk saat makan atau duduk-duduk di beranda atas.
Dea, pasti aku akan menceritakan tentangnya. Anak terakhir umak yang menjadi sohib berangkat ke sekolah, kebetulan Dea adalah murid kelas lima di sekolah. Aku selalu menggodanya dengan menirukan gayanya memanggil-manggil umak atau menirukan suaranya saat bilang “aedaaaah, ibu ini...”, tapi yang jelas diam-diam aku begitu bangga kepada gadis tomboy ini. Dea adalah salah satu yang selalu rajin datang mengaji meskipun seharian ia bersekolah dan bermain.
Yadi dan Ari. Dua laki-laki di rumah ini yang jaraaang sekali di rumah. Yadi bekerja di pabrik yang cukup jauh dari rumah. Harus naik motor, menyeberangi laut, dan berjalan darat lagi. Meskipun terlihat cuek, tapi Yadi selalu menunjukkan perhatian dan penerimaannya kepadaku. Ketika di rumah dia seringkali nimbrung ketika ayuk dan aku sedang ngobrol atau sering memanggil “Mbak” bahkan hanya sekadar menanyaiku basa-basi. Ari pun demikian. Meskipun dia adalah yang paliiiiing pendiam di rumah ini, tapi dia juga bisa menunjukkan perhatian. Yang aku tak akan lupa adalah ketika Ari memanggilku yang kebetulan sedang di kamar bawah. “Bu...” aku belum menjawab. Dia memanggil lagi, “Bu... Oooh, ibu...” dengan nada suara seperti di upin-ipin. “Makan bu...”
Yaaa, hanya sesederhana itu memang. Namun, dari sanalah rasa nyaman itu hadir.
Sekali lagi terimakasih atas rasa nyaman ini...
 

 

Anak-Anak yang Datang Selepas Maghrib

Sayangnya aku lupa kapan tepatnya anak-anak ini mulai rajin menjemputku di rumah untuk belajar mengaji di masjid. Awalnya aku agak ragu mengajar ngaji di mushola dusun ini dan di hari pertama kami membuat rencana untuk memulai, aku justru tidak datang karena aku pun berpikir “Ah, apa iya ada anak yang mau datang?”.
Keesokan harinya, mereka bercerita bahwa mereka menungguku semalam. Duh, aku jadi merasa bersalah. Aku pun bilang untuk menjemput ketika aku belum disana.
Alhasil, sejak minggu pertama sekolah dimulai hingga sekarang sudah hampir sebulan anak-anak ini selalu bertanya, “Ngaji dak buk?”
Dan aku lebih sering menjawabnya dengan pertanyaan balik, “Ngaji dak? Kalau nak ngaji, payooo...”.
Mereka menjawab lagi, “Payolah ngaji buuuu”.
Semenjak aku juga mengajar ngaji di mushola POLAIR yang letaknya di dusun sabrang dekat sekolah, aku sering pulang mendekati maghrib. Pada akhirnya aku sampai di rumah kadang sudah ada yang ngebang (adzan). Masih harus mandi dll. Anak-anak selalu siap lebih dulu dari aku. Mereka menunggu di depan rumah dengan setia. Bercerita banyak hal, tertawa, hingga beradu mulut.
Pernah satu hari aku bilang untuk libur karena aku akan menginap di simpang (darat), yang jaraknya lumayan jauh dan harus melewati kebun sawit dan karet untuk menuju kesana. Setelah shoat maghrib dan aku sedang makan di rumah warga (ibunya Nova), anak-anak itu datang bermotor. Egit, Adam, Delvin, dan Nando. Mau mengaji katanya. Ahhh, kaliaaaan...
Pernah aku meminta mereka berangkat dulu ke masjid, namun mereka tak mau. Mereka lebih memilih menunggu dan berangkat bersama-sama ke masjid. How sweet you are, kids. Ada saja yang mereka ceritakan ketika perjalanan ke masjid.
Minggu ini aku minta agar mereka menunggu di masjid saja agar bisa sekalian sholat maghrib dan tidak kelamaan menunggu. Mari kita lihat hasilnya...
Hei, anak-anak baik, terimakasih. Kalian adalah alasan ibu merasa nyaman, berbahagia, dan dipenuhi energi penyemangat. Suatu saat nanti, ibu akan menceritakan ke anak-anak ibu bahwa ibu pernah bertemu dengan anak-anak pemberani yang tak kenal lelah seperti kalian. Anak-anak yang suaranya sangat lantang tapi hatinya selembut awan. Anak-anak yang begitu meneduhkan mata dan selalu membuat ibu ingin tersenyum tanpa membutuhkan alasan untuk tersenyum. Ibu mencintai kalian karena Allah, anak-anak. Jujur saja, bahkan sekarang ibu sudah berpikir bagaimana rasanya nanti jika harus berpisah dengan kalian. Hihihi J



   

8.10.2015

Hari Pertama Masuk Sekolah


Pagi ini rasa-rasanya datang terlalu cepat. Adalah hari pertama masuk sekolah, hari dimulainya beraneka rupa kisah. Senyuman-senyuman tulus dan mata-mata berbinar akan ditemui setiap harinya. Panggilan-panggilan yang paling membahagiakan di seluruh dunia dan di sepanjang perjalanan hidupku akan sering sekali didengar.
“Ibu... Ibu... Ibu...”
“Ibu guru...”
“Ibu Raras...”
Aku bahagia, sungguh. Namun, aku takut. Rasa-rasanya banyak sekali kekhawatiran yang menggelayuti hatiku. Aku (masih) takut jika nanti anak-anak tidak berbahagia menyambut kedatanganku. Aku pun (masih) takut jika guru-guru lain di sekolah merasa ‘biasa saja’ atau bahkan ‘tidak nyaman’ dengan keberadaanku. Aku bahkan (masih) takut jika aku tidak diperlukan disini. Lalu, untuk apa aku disini?
Aaah, langkahku sedikit gontai, tapi harus selalu ada langkah pertama untuk langkah-langkah besar selanjutnya. Bismillah... Hanya bisa berdo’a, semoga Allah membimbing setiap langkahku.
Hari pertama masuk sekolah, hari dimulainya rutinitas berangkat ke sekolah menggunakan kethek, alat transportasi sungai semacam perahu mesin dari kayu. Anak-anak dari sabrang pun sudah siap dengan hari pertama sekolahnya—mereka nantinya akan jadi teman setiaku berangkat naik kethek ke sekolah. Orang tua banyak yang mengantarkan anak-anaknya ke sekolah. Dan, hari pertama naik kethek ke sekolah dibayari oleh salah seorang wali murid. Hehehe... Rejeki anak sholehah...
Hari pertama masuk sekolah, hari dimulainya banyaaaak sekali kisah bahagia, sedih, menantang, mengharukan, melelahkan, membuat tersenyum tanpa tau apa sebabnya. Hei, bersiap-siaplah untuk merasakan itu semua mbul. Hari pertama ini ada rapat guru, daaaan, aku diminta membantu kelas 1 dan 2, IPA dan BTA kelas 3, Matematika dan BTA kelas 4, plus IPA dan BTA kelas 6. Uwow, random sekaliiih kelaskuuu... Hihihi... Bismillah, diniatkan belajar ya mbul...
Itulah hari pertama sekolahkuuuu...

3.28.2015

Pada Suatu Hari

Ada hati-hati yang saling terikat.
Ada lisan-lisan yang tak henti saling berkirim do'a.
Ada kenangan-kenangan yang tersusun rapi dari setiap waktu ke waktu yang kita lewati.

Aku ingin menceritakan ini, bahwa setiap kita pasti akan berubah seiring berjalannya waktu. Tapi tiga hal itu akan selalu sama. Hati kita akan tetap sama, terikat oleh ikatan paling indah yang dianugerahkan Allah kepada kita. Do'a-do'a yang saling kita kirimkan juga akan selalu sama, abadi. Kenangan yang sudah sangat banyak, akan menjadi kekuatan untuk kita menjalani hari-hari di depan.

Akhir-akhir ini, waktu demi waktu berjalan lebih melankolis dari biasanya. Seolah begitu banyak kekhawatiran yang hadir tanpa permisi. Seakan-akan banyak pertanyaan yang bermunculan.  Apakah kita bisa saling menjaga? Apakah kita bisa saling bertatap muka? Apakah kita akan sangat sangat saling merindu hingga air mata tak henti bercucuran? Apakah kita bisa menghadapi semua hal ketika kita terpisah jarak?
Aku masih memikirkan itu dan masih saja menangis ketika mengingat bahwa kita akan terpisah sementara.
Tapi... Aku yakin, Allah telah menyiapkan pertemuan yang lebih setelah ini, ketika kita telah menjadi manusia baru yang jauuuh lebih baik dari sebelumnya. Aku yakin, Allah akan selalu mengikat hati-hati kita, hingga kita tak akan merasa jauh. Aku yakin, Allah akan selaluuu mengabulkan do'a-do'a yang kita kirim ke langit dengan tulus.
Ah benar, mereka yang saling mencintai akan selalu mengkhawatirkan satu sama lain. Tapi, Allah adalah sebaik-baik Pelindung dan Penjaga. Allah akan selalu menjaga kalian, melindungi kalian, meski aku sedang tidak bersama kalian. Aku akan melepaskan semua kekhawatiranku ke langit, hingga langit yang akan membendungnya.

Aku, anak-adik-saudara-sahabat kalian, yang akan selalu mencintai kalian karena Allah. 

2.27.2015

Pengajar Muda X

Sebuah email sore ini membuat jantungku berdetak lebih kencang dari biasanya. Sebuah email yang dinanti-nanti. Sebuah jawaban yang Allah kirimkan setelah aku selesai melakukan sholat ashar. Entah ini hadiah atau cobaan, yang jelas ini adalah karunia sekaligus ujian dari Allah. Sebuah mimpi yang banyak dituliskan, diceritakan, dimintakan do'a, pada akhirnya Allah memberikan jawabannya. Ah, ini sore yang sangat indah. Semoga Allah senantiasa membimbingku, menuntun langkahku, menerangi setiap gelap malamku, meridloi setiap jalanku. Semoga Allah meridloi, semoga Allah meridloi, semoga Allah meridloi... Aamiin yaa Robbal'aalaamiin...

1.14.2015

Random

udah lama ga nulis, rasanya banyaaaak banget yang pengen diceritain... :)))

11.20.2014

One Day Nekat Traveler #1

There we gooooo.... Perjalanan yang sedikit nekat, demi mendaki gunung api purba dan lanjut menyusuri pantai-pantai gunung kidul selama sehari. Karena katanya, good traveler always have no fixed plans. Nah, jadilah kita pergi tanpa perancanaan yang matang. Aku dan Nina, sohib banget dari jaman SMP ini dan tentu ditemani motor beat merah yang ban belakangnya udah tipis itu sudah bersiap sejak subuh. Nin, kita harus bikin lagi #onedaynekattraveler. Kita pun cussss sekitar jam 5.00. Tujuan pertama kita adalah bukit bintang, berharap dapet sunrise disana aja, karena mau ngejar di Gunung Api ngga mungkin. Eh ternyata kita salah arah, sunrise-nya kan dari timur, artinya di belakang kita. Haha, waguuu... Tapi, yang spesial adalah banyaknya koloni laron sepanjang perjalanan.
Bukit Bintang. Kalo dizoom dan kameranya bagus, bisa keliatan tuuh laron-laron beterbangannya :)

Dari bukit bintang, kita awalnya pengen ke Embung Nglanggeran dulu, eh tapi ga usah deh, udah mulai keliatan mataharinya. Pengen cepet ke puncaaaaak! Dan, tolong catet, kalo ke gunung di musim penghujan, jangan pake sepatu macem crocs, kalo ada yang lain, pake yang lain aja. Kalo aku sih emang adanya cuma itu, jadi ya udah sih. Hahaha
   

Sebut saja puncak pertama, belum apa-apa ini. Gunung Bagong namanya.



Ini di celah sempit yang kece itu :)
Pose ne Nina yang satu itu emang keren deh, doi jadi kayak pendaki gunung profesional gitu. Daaaan, disini ada momen-momen yang ga banget. Hahaha. Oh ya, sebelum nyampe sini sempet ketemu sama seorang ayah yang mengajak anak-anaknya yang masih kecil-kecil itu hiking disini. So sweeet!

foto di tempat yang sama kayak jaman kesini pertama bareng sohib-sohib mikro, pas milad ke 20. iki kedawan caption e
Setelah ini jalan menuju puncak semakin dekat. Dan yang paling bikin deg-degan adalah saat naik tangga menuju ke puncaknya. Alhamdulillah sampai puncak jugaaaaa :)
sepatunya embak yang ga dipake dan baru aja disol :3
TOSSSS!!! NINAAAAAA, TEKAAAAN!!!!
Di puncak, rasanyaaaa, ga mau turuuuuun! Tapi, kita harus turun, pantai sudah menantiiiii :))))

11.04.2014

Mereka yang Berhati Permata

Ada hal-hal tak terduga yang membuat kita bahagia entah karena apa. Ada waktu-waktu terbaik yang dikirimkan Allah untuk kita agar kita mau sebentar saja merenungi waktu. Ada orang-orang spesial yang kita temui dan kata-katanya membuat kita menyadari betapa beruntungnya kita bertemu mereka.

Here i am...
Pada hari-hari yang kita anggap hanya berisi kesibukan ini itu, ternyata ada banyak pelajaran berharga--yang membuat hati meleleh--di dalamnya. Kemarin ini salah satunya...

Cerita pertama...
Saat di sekolah, jam pelajaran anak-anak... Saat anak-anak diceritain kisahnya nabi Musa-nabi Daud dan kaum, tiba-tiba Nia nyeletuk, "Bu guru, aku ngga mau kaya, nanti aku ndak ngga sholat...". Hah? Kok Nia tiba-tiba banget gitu? Hahaha. Aku pun menimpali, "Lhoh, ngga papa dong jadi kaya, yang penting kan mau shodaqoh...". Doi menimpali lagi, "Iya, aku maunya shodaqoh aja..."
Entah angin apa yang mendatangkan pemikiran itu di benaknya, dia emang unpredictable banget. :3

Cerita kedua...
Saat ngelesin si Bayu. Oh ya, Bayu ini adalah salah satu anak les yang super duper spesial. Meskipun dia ini nilai akademisnya agak kurang di sekolah, tapi dia itu super jenius menurutku. Gimana engga, waktu pertemuan pertama kita, dia bilang cita-citanya pengen jadi NINJA. Kura-kura Ninja. Biar bisa nangkepin maling, katanya. DIa jago banget bikin komik yang sangat imajinatif untuk selevel anak kelas 6 SD. Pertemuan kedua, aku makin kagum bingit, dia ternyata juga jago bikin mainan sendiri. Mulai dari pistol-pistolan model polisi, senapan laras panjang, kapak, gergaji mesin, dsb. Semuanya handmade. Cerdas kan? 

Nah, di pertemuan ketiga kemarin ini, kita belajar matematika. Aku ngasih dia soal karena emang tampaknya butuh banyak latihan. Berpura-puralah aku menjadi kura-kura orange dan dia kura-kura merah. Hahaha
"Soal cerita. Bayu punya 35 pensil. Lalu ibu membelikan lagi 45. Di jalan, pensil Bayu jatuh 30. Berapakah sisa pensil Bayu?" 
Udah tuh ya, selesai nulis soal, eh dia nya protes, "Itu jangan jatuh, kan kasihan mama kalo pensilnya jatuh, harus beliin lagi. Bujel aja, bujel.
Hahahaha, booooy you are so so soooo coooool :')) 


Kalian-kalian itu, anak-anak yang selalu menginspirasi itu, ahhh kalian memang berhati permata.... 

11.02.2014

Wiwara Gundul Lhoh Tante!


dek wiwaraaa, tante suka terharu lhoh dek liat fotomuuu... Apalagi pas weekend ga pulang kayak gini :3